« Home | Buat DHCP server on CentOS 5.0 » | Boot Loader raib.. » | instalasi SNORT di CentOS 5.0 » | Bukuku sayang Bukuku malang » | Petualangan Modern yang seru!! » | Rekorku yang pertama… » | Kehidupan Baruku... » | AC Milan menurutku.. » | Dapat CD Installer Slackware 12.. » | Akses Write Partisi NTFS di Slackware12 »

Pesan Saat Login dan Logout Ubuntu Server.

Kebetulan hari ini lagi berhadapan dengan mesin Ubuntu Server, maklum hari sabtu jadwal bekerja sebagai freelance. Pagi-pagi sudah didepan komputer belum ada jadwal pekerjaan hari ini dari tempatku kerja so sante aja dolo… heheeeee… Iseng-iseng tacobain oprek ringan server yang aku buat minggu lalu…

Pertama login di server dapat ucapan selamat datang dari distro ubuntu server 8.04. Pikir-pikir harusnya hal ini bisa di ganti. Lagian mataku hari ini gak enak ngelihat tulisan yang pangjangnya cukup memenuhi layar. So aku putuskan buat sendiri tulisan “Welcome to Server Mr Wevils” (Mr Wevils mengganti nama tempat kerjaku sebagai freelance).

Ingat.. ingat ilmu yang dolo ternyata susah juga ya... Akhirnya dicariin di file /etc dan ketemu. Nama filenya motd (message of the day) lihat isinya ternyata benar yang di tampilkan saat login. Ya uda aku edit file seperti dibawah ini

root@geek :~# vim /etc/motd

Welcome to Server Mr Wevils

Save, keluar dan coba login dari console lain then sukses deh… Lumayan klo pengen buat ajang promosi, put aja tulisan sesuai yang diinginkan maka setiap orang yang login ke server akan mendapatkan pesan yang ditulis dalam file ini.

Muncul ide lagi… Jika login bisa pasang pesan harusnya saat logout juga mestinya bisa. Googling dolo soalnya seingatku belum pernah ta buat hal seperti ini. Ya.. ternyata harus buat bash script. Cobain deh.. Ternyata bisa juga.. Neh caranya

Perhatikan direktori kerja di /root

root@geek :~# vim .bash_logout

if [ "$SHLVL" = 1 ]; then

[ -x /usr/bin/clear_console ] && /usr/bin/clear_console -q

fi

echo "Attention Please, 'Pastikan User Anda Juga Sudah Logout dari Console Lainnya!'";

Save lalu keluar dan coba login sebagai root di console lainnya kemudian ketik perintah exit. Harusnya muncul kalimat ini setelah layar dibersihkan ”Attention Please, 'Pastikan User Anda Juga Sudah Logout dari Console Lainnya!'” Jika ingin diberlakukan ke semua user system tinggal copy aja dan put di /home/user_masing2.

Tulisan ini saya buat sebagai reminder aja.. soalnya klo mengandalkan otak butuh waktu cukup lama untuk mengingatnya. Semoga bermanfaat buat yang membacanya.

Aku tambahkan lagi neh buat auto logout jika tidak ada kegiatan apapun di console. Tambahkan baris export TMOUT=60 di .profile atau .bash_profile di home direktory masing-masing user.

Links to this post

Create a Link

Diambil dari http://blogger-templates.blogspot.com | editor: Mr Wevils