« Home | NFS Server 0n CentOS 5 » | Pesan Saat Login dan Logout Ubuntu Server. » | Buat DHCP server on CentOS 5.0 » | Boot Loader raib.. » | instalasi SNORT di CentOS 5.0 » | Bukuku sayang Bukuku malang » | Petualangan Modern yang seru!! » | Rekorku yang pertama… » | Kehidupan Baruku... » | AC Milan menurutku.. »

Service NTP sangat vital ternyata

Selama bergelut dalam dunia linux dan nangani server kurang lebih 6 tahun NTP server jarang mendapat perhatian, bisa dikatakan nyaris tidak pernah dilirik. Baru setelah mengikuti training dari Jepang dapat pelajaran tentang administrasi time diserver ternyata adalah basical prosudure.

Sekedar bagi pengalaman aja jika menangani server yang menghandle aplikasi-aplikasi time yang valid maka NTP server akan sangat membantu. Keakuratan NTP server sudah diuji dengan baik oleh penyedia layanan NTP server. Misalnya di negara kita salah satunya dikelola oleh LIPI. Jadi saya sarankan gunakan NTP server dengan alasan utama masalah keakuratan waktu.

Berikut ini tulisan yang memanfaatkan server local yang terhubung dengan internet dimana NTP server LIPI menjadi acuan. Jika teman-teman nagani billing warnet munkin akan lebih baik jika mengaktifkan/memanfaatkan NTP server apalagi yang nangani server online misalnya webserver.

Berikut cara mengaktifkan NTP di mesin linux:
1. Check waktu saat ini menggunakan date command.
root@geek:~# date

2. Matikan service ntpd jika jalan
root@geek:~# /etc/rc.d/rc.ntpd stop
Stopping NTP daemon...

If you use redhat family distro use service ntpd stop

3. Get date terbaru dari NTP server
Ambil waktu terbaru dari server NTP dalam hal ini server LIPI di url ntp.kim.lipi.go.id
root@geek:~# ntpdate ntp.kim.lipi.go.id
11 Jun 16:21:57 ntpdate[2883]: step time server 202.152.241.83 offset -24456.124464 sec

Jika anda ingin server lain ntp.nict.jp salah satu alternatif pilihan (Server Jepang soalnya aku juga nangani beberapa server di tokyo)
Cek waktu terbaru server anda using date command. Jika valid dengan waktu sekarang it’s oke jika tidak ulangi perintah sebelumnya.

4. Aktifkan service ntpd
root@geek:~# /etc/rc.d/rc.ntpd start
Jika menggunakan distro redhat family service ntpd start

5. Set jika ntpd selalu jalan setiap kali boot
Berikut ini cara mengaktifkan ntp service sehingga diload setiap kali boot. Kali ini saya menggunakan slackware
root@geek:~# pkgtool
Pilih setup kemudian seriveces kemudian pilih rc.ntpd dengan menekan space/spasi.
Jika anda menggunakan distro redhat family gunakan perintah chkconfig ntpd on. Jika mau repot pasang di rc.local perintahnya.

6. Cek validasi query ntpd.
root@geek:~# ntpq –p
*dns1.lipi.go.id 192.168.60.16 2 u 31 256 377 49.704 -6.469 10.704

Harusnya ada tanda * jika validasi data time akurat. Ini membutuhkan waktu untuk menghasilkan seperti diatas. Jika belum ada bintang lakukan pengecekan 15 menit berikutnya.

Semoga tulisan ini memberi pencerahan buat yang membacanya.

Diambil dari http://blogger-templates.blogspot.com | editor: Mr Wevils